Sosoknya yang lebih rendah, membuat All New Honda Odyssey berbeda dibandingkan MPV premium lain yang rata-rata lebih jangkung. Titik pusat gravitasi (center of gravity) yang rendah, serta suspensi independen double wishbone di depan dan belakang menjadikan Odyssey mendekati kenyamanan sedan.
Perbedaan kian kental karena ground clereance-nya yang hanya 150 mm. Odyssey malah lebih rendah dari MPV Honda lainnya, Freed, yang memiliki ground clereance 165 mm.
Tampak depan, cukup banyak perubahan yang dilakukan pada Odyssey. Headlamp sipit kini dilengkapi teknologi High Intense Discharge (HID) dan auto levelling. Grill depan dirombak sehingga tampil lebih berotot yang dipadu dengan bumper depan dipadu materi chrome yang mewah.
Yang kurang dari bagian ini adalah tidak adanya foglamp alias lampu kabut. Sedangkan buritan, lampu belakang model V-straight dan bumper belakang dipadukan dengan dual muffler yang sporty.
Untuk interior, ada kemiripan konsep antara Odyssey dengan Freed. Kaca depan besar dengan pilar A yang kompak memberikan jarak pandang luas dari setiap baris di mobil. Jika kurang nyaman, pengemudi masih bisa mengatur posisi ke delapan arah lewat 8 way power seat adjuster.
Dashboard dibuat dengan model bertingkat dengan desain wave shape. Rancangan kabin juga menggunakan Theatrical Cabin Space dan V-Shape Cabin yang membuat seluruh penumpang sampai baris ketiga bisa melihat dengan leluasa ke depan.
Dahboard sudah dilengkapi 3D layer multicluster dan perangkat audio sistem berteknologi touchscreen alias layar sentuh yang terhubung dengan rear camera. Fitur ini juga digunakan di Honda New CR-V.
Namun untuk urusan pendingin, dibandingkan CR-V yang menggunakan dual zone, Odyssey sudah menggunakan triple zone A/C memungkinkan setiap baris dalam mobil mengatur suhu pendingin sesuai kenyamanan masing-masing.
Interior kian mewah karena jok sudah berlapis kulit, ada Auto Outer Slide Sunroof, dan kaca berlapis V-Kool. "Pokoknya begitu membeli konsumen sudah tinggal pakai," kata Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT HPM.
Satu fitur menarik di mobil ini adalah Powered Magical 3rd Row Seat. Kenapa disebut magic? Karena untuk melipat bangku baris ketiga belakang secara penuh ANda tak perlu lagi melakukannya dengan cara manual. Cukup dengan menekan sebuah tombol di bagian kiri dan walah.... Bangku terlipat dan hasilnya ruang bagasi sebesar 708 liter atau setara 4 tas golf besar.
Dapur pacunya masih mengusung mesin i-VTEC Double Over-head Cahmshaft (DOHC) berkapasitas 2.4L ditunjang fitur Torque Boost Resonator. Teknologi terakhir ini sudah menjadi teknologi standar di produk Honda. Jazz, City, Civic, Accord, Freed, dan CR-V juga menggunakan teknologi ini.
Tapi Honda melakukan penyempurnaan. Mesin ini menyemburkan daya maksimum 180 PS pada 6.500 rpm atau lebih tinggi 18 ps dari model sebelumnya, dengan torsi maksimum 22.2 kgm pada 4.500 rpm. Transmisi otomatis 5 percepatan ditunjang fitur Drive by Wire, Shift Hold System dan Grade Logic Control sehingga menghasilkan tenaga besar dengan bahan bakar efisien.
Fitur keselamatan? Sebagai MPV premium jelas Odyssey punya fitur lengkap. Yang terbaru adalah Motion Adaptive Vehicle Stability Assist (VSA) + EPS (Electric Power Steering). Teknologi ini menggabungkan VSA yang mencegah Oversteer dan Understeer dengan bantuan ABS (Antilock Braking Syatem), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan BA (Brake Assist) serta Traction Control yang terintegrasi dengan EPS.
HPM optimistis Odyssey yang dibanderol Rp 536 juta (on the road Jakarta) ini akan kembali menjadi trendsetter di segmen MPV premium. Jonfis menyebut pengguna Freed dan CR-V jika ingin naik kelas maka pilihannya adalah Odyssey.
SPESIFIKASI
Dimensi
Panjang: 4.800 mm
Lebar: 1.800 mm
Tinggi: 1.545 mm
Jarak sumbu roda: 2.830 mm
Trek depan/belakang: 1.560 /1.560
Ground Clearance: 150 mm
Radius putar: 5,4 meter
Bobot: 1.671 kg
Mesin
Tipe: 4 silinder, segaris, 16 katup, DOHC, i-VTEC
Kapasitas: 2.354 cc
Perbandingan kompresi: 10,5 : 1
Tenaga maksimal: 180 PS @ 6.500 rpm
Torsi maksimal: 22,2 kgm @4.500rpm
Sistem pengapian: PGM-FI
Kapasias tangki BBM: 60 liter
Oktan BBM: RON 91
Transmisi: Otomatis, 5 percepatan
News From here
All New Honda Odyssey Review
Kategori:
Honda
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Make Your Life Good