Legenda Land Rover buatan Inggris ini hampir serupa Jeep (Willys) buatan AS. Hingga kini masih berkeliaran tanpa malu malu, hingga jenis “petaknya” masih digunakan UN dan lembaga asing yang bertugas di Aceh pasca tsunami.
Sejak awal dibuat untuk melahap daerah pedalaman. Seluruh dunia kemudian mengenal Land Rover sebagai raja jalanan off-road, hingga kemudian semakin popular dengan event Camel Trophy yang khusus diikuti (disponsori) Land Rover. Komunitas Landrover di Indonesia (LRCI) juga cukup aktif dengan berbagai kegiatan hingga kini. Bahkan akhir tahun ini direncanakan akan menjelajahi Aceh, mulai kawasan Leuseur hingga pesisir barat Selatan.
Kini di zaman yang jauh sejak kiprah awal Landrover, dengan anak pinak Defender, Discovery, Free lander, Range Rover, LR3 dan kini era LR generasi 4 atau LR4. Land rover tidak lagi petak, sangat mewah dan futuristic dengan kemampuan offroad yang tetap hebat.
LR4 didesain untuk tujuh penumpang, seperti juga para pendahulunya. Namun desainnya sangat maju, berbeda jauh dengan generasi pertama. Masih menyisakan grill mirip range rover, buritan yang lebih bulat antara range rover, Chevrolet captive atau New CRV. Sunroof penuh di sekujur atapnya yang didesain amat sylish. Pokoknya cantik.
Lampu sein dan belakang menggunakan LED, lampu depan lebih terang dan penempatan yang semakin mempercantik LR4 ini. Velg 19 inchi semakin membuatnya gagah. Dan yang paling penting adalah mesin direct injection 5.0 liter V8 yang amat tangguh dan bertenaga.
Mesin yang juga digunakan pada Jaguar XF ini mampu menyemburkan tenaga 375 HP dengan teknologi katup VVT dan empat poros cam. Akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,5 detik!Ini mobil offrroad apa mobil balap ya? Transmissi matik 6 percepatan dan semua komponen mesin anti air alias water proff agar dapat menyebarang sungai pada kondisi tertentu di pedalaman.
Interior serba elektronik, mulai panel di dashboard yang serba bercahaya LED, jok yang bisa diatur secara elektronis hingga lingkar kemudi yang bisa disesuaikan dengan kondisi sopir. Jangan takut tersesat karena GPRS dengan LCD di dashboard akan menuntun ke mana dan di mana saja anda berada dengan LR4 ini.
Bila pendahulunya LR3 hanya memiliki mesin 4400 cc, mesin 5000 cc ini tentu sedikit lebih boros bahan baker. Dalam kota bisa 5-6 km per satu liter BBM, di luar kota bisa sedikit lebih irit, antara 9-10 km perliter BBM.
Di Inggris dan eropa LR4 tahun 2010 ini akan bisa dinikmati oktober tahun ini juga. Harga dipatok sekitar $ 45 ribu dollar, atau sekitar Rp450 juta. Masih lebih murah dari Toyota Landrover LC200 ya?Paling tidak masuk ke sini bisa tiga sampai empat kali lipatnya, atau siapkan saja kocek sekitar Rp1,5-2M. Sungguh sayang mobil semewah dan semahal itu kalau dipakai Offroad ya?Jadi…, kembali jadi ajang gengsi? Kalau memang mampu dan merasa sepadan dengan kepribadian, wawasan dan kemampuan mengaspirasi teknologi maju, kenapa tidak?
This News From Here
Review Land Rover LR4 2010
Kategori:
Land Rover
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Make Your Life Good